PERBANDINGAN
MOBIL MATIC DENGAN MOBIL MANUAL
BAB
I
PENDAHULUAN
Pada
setiap kendaraan bermotor pasti selalu dibekali dengan komponen Transmisi, baik
itu Transmisi manual ataupun yang sedang booming sekarang yaitu Transmisi matic
(otomatis). Fungsi utama dari komponen ini adalah untuk mengatur percepatan
sebuah kendaraan bermotor yang dihasilkan oleh putaran mesin. Apa sajakah
keunggulan maupun kekurangan mobil matic dibandingkan dengan mobil manual. Nah,
jika anda penasaran dan ingin mengetahuinya, kami akan mencoba untuk berbagi
kepada rekan rekan semua pecinta dunia otomotif di Indonesia. Yang sama sama
kita ketahui jika perbedaan yang terlihat pada mobil matic dan juga manual yang
paling mencolok ialah sistem transmisi pada mobilnya. Jika mobil manual yaitu
dengan cara perpindahan gigi yang tentunya dilakukan secara normal menggunakan
pedal kopling dan tuas kopling, namun untuk mobil matic di era yang sudah
modern ini yaitu menggunakan perpindahan gigi atau sering disebut gear box
untuk mobil matic.
BAB
II
PEMBAHASAN
# Mobil
Manual
Pengertian
Transmisi Mobil Manual dan Cara Kerjanya :
Pengertian
Transmisi Manual
Transmisi
Manual merupakan sebuah sistem perpindahan percepatan yang dilakukan secara
bertahap menggunakan bantuan tuas Transmisi. Terdiri dari gigi paling rendah 1
sampai yang paling tinggi 5-6. Dan untuk mobil ada juga yang dinamakan
gigi parkir atau atret berfungsi untuk membuat mobil berjalanan mundur
kebelakang. Untuk melakukan perpindahan percepatan pada Transmisi manual kita
memerlukan bantuan kopling, dan tidak demikian jika dengan Transmisi Matic.
Komponen
Transmisi manual terdiri dari berbagai macam gigi ada gigi susun, syncromesh,
serta gigi utama yang tersusun rapih di dalam gear box (kotak gigi). Untuk
mengurangi terjadinya gesekan antara gigi satu dengan yang lainnya, Transmisi
manual memerlukan pelumas khusus dengan standar SAE 90.
Beberapa
Jenis Transmisi Manual :
Dilihat
dari sistem perpindahan gigi nya, Transmisi manual terdiri dari 3 macam sistem
dan berikut penjelasannya:
-Tipe
Sliding Mesh.
-Tipe
Constant mesh.
-Tipe
Sincromesh.
Tipe
Sliding Mesh
Transmisi
jenis ini merupakan Transmisi dengan cara kerja memindahkan gigi input dan
output secara langsung. Jarang sekali mobil yang menggunakan Transmisi jenis
ini, karena memang memiliki banyak kekurangan dalam cara kerjanya. Diantaranya
adalah karena mengelurakan suara yang kasar saat perpindahan gigi, perpindahan
gigi membutuhkan waktu yang cukup lama, hanya dapat menggunakan salah satu dari
roda gigi.
Tipe
Constant Mesh
Transmisi
tipe constant mesh merupakan sistem transmisi manual yang cara kerjanya
memerlukan bantuan dari kopling geser. Sebagai alat untuk membantu perpindahan
tenaga dari poros input ke poros output. Jadi antara roda gigi input dan output
selalu berhubungan atau berkaitan satu sama lain. Meskipun demikian antara
poros roda gigi output tidak dan poros out put dari transmisi itu sendiri tidak
sejajar. Disinilah peran dari kopling geser dibutuhkan sehingga terjadi
perpindahan gigi atau percepatan.
Transmisi
Tipe Sincromesh
Transmisi
Tipe Sincromesh adalah transmisi yang banyak digunakan pada mobil masa kini.
Transmisi jenis ini sangat nyaman dalam penggunaannya, tidak mengeluarkan suara
yang kasar. Karena cara kerja dari sistem Transmisi jenis ini adalah dengan
cara menyamakan putaran antara gigi input percepatan dengan gigi output.
Inilah
Kelebihan dan kekurangan pada mobil manual:
Kelebihan
|
Kekurangan
|
lebih
responsive dan lebih irit
|
Lebih
sulit dalam mengemudikan mobil manual karena konsentrasi terpecah pada pedal
gas dan rem atau juga dengan tuas transmisi
|
Lebih
sesuai dengan kebutuhan atau keinginan pengemudi dalam hal pengaturan
kecepatannya
|
Lebih
cepat lelah mengemudikan mobil tipe ini terutama pada jalanan yang macet
|
Biaya
perawatan dan perbaikan lebih sedikit
|
Kurang
nyaman
|
# Mobil
Matic
Berikut
Adalah Jenis Jenis Transmisi pada Mobil Matic:
Transmisi
Semi Otomatis
Ketahuilah
kalau untuk sistem transmisi ini taidak menggunakan pedal kopling, akan tetapi
untuk posisi gigi masih dipindahkan secara manual namun pengemudi tak perlu
untuk menginjak kopling.
Transmisi
Otomatis
Sistem
transmisi ini masih termasuk dalam transmisi otomatis konvensional. Sistem
transmisi ini menggunakan 3 bagian penting yakni Torque Converter, planetary
gear unit dan hydraulic control unit. Pada sistem transmisi ini semua komponen
transmisi masuk dalam cairan / fluida (oli) yang dikenal dengan ATF (Automatic
Transmission Fluid), mobil yang menggunakan transmisi otomatis fluida ini
biasanya dapat dilihat dari tuas transmisi yang menggunakan tombol OD (yakni
tombol pengunci untuk memindahkan posisi tuas transmisi dari posisi “P” atau
parkir).
Transmisi
Otomatis Elektronik (Triptonic)
Banyak
dipakai pada mobil mewah seperti BMW dan Mercedes. Sistem transmisi ini
sebenarnya hampir sama dengan No. 2 akan tetapi pengemudi bisa memindahkan gigi
menggunakan tuas transmisi (tuas kopling), pengemudi masih memiliki pilihan
untuk memindahkan gigi, yah paling tidak jika pengemudi menginginkan gigi
berpindah bisa dilakukan pada mobil yang menggunakan sistem transmisi otomatis
elektronic ini.
Continously
Vatiable Transmission (CVT)
sistem
transmisi ini tidak memakai gigi sehingga terkesan halus dalam perpindahan gigi
(karena memang tidak ada perpindahan gigi) akan tetapi hanya menggunakan rasio
belt saja. Sistem transmisi CVT ini memiliki respons yang sangat kurang karena
hanya memiliki 1 gigi saja, untuk akselerasi masih kalah jauh dengan transmisi
otomatis biasa.
Sequential
Manual
sistem
transmisi ini bisa dioperasionalkan dengan cara manual akan tetapi memiliki
mode auto yang menggunakan komputer dalam mengontrol perpindahan gigi, mobil
yang menggunakan transmisi ini memiliki tuas transmisi dibalik lingkar kemudi
akan tetapi tidak memiliki pedal kopling. Akselerasi mobil dengan sistem
transmisi ini sangat baik bahkan lebih responsif dari transmisi manual yang
dikemudikan pembalap, akan tetapi sistem transmisi sequential manual ini sering
malah terlalu responsif hingga menghentak dan kurang nyaman bagi pengemudi.
Sistem transmisi model ini banyak digunakan pada mobil-mobil balap seperti
mobil F1 atau mobil sport besutan pabrikan besar seperti BMW, lamborghini,
Ferari, dll. Sistem transmisi ini mulai ditinggalkan karena dianggap tidak
nyaman.
Double
Clutch Gearbox
Sistem
transmisi ini adalah yang terbaru hingga saat ini, sistem transmisi ini sama
dengan sequential manual akan tetapi memiliki 2 tuas kopling yang keduanya
diatur oleh komputer sehingga memungkinkan perpindahan gigi menjadi sangat
halus bahkan tak terasa (lebih halus dari transmisi otomatis) akan tetapi
memiliki performa atau akselerasi lebih baik daripada mobil dengan transmisi
manual.
Inilah
Kelebihan Kekurangan Mobil Matic :
Kelebihan
|
Kekurangan
|
Praktis
dikendarai
|
Perawatan
tidak boleh telat, harus ekstra (jika terjadi kerusakan habis biaya banyak)
|
lebih
mudah, lebih nyaman, tidak cepat lelah dan menyenangkan
|
Lebih
sering ganti oli transmisi
|
Dapat
diandalkan untuk jalanan macet dan Purna jual rata-rata lebih baik
|
Lebih
boros bahan bakar, meskipun untuk pemakaian yang konstan (ideal) konsumsi
BBMnya relatif sama dengan manual
|
caraperhitungan cicilan :
- Harga mobil yang akan dibeli baik dalam kondisi baru maupun bekas.
- Tarif bunga leasing atau bank yang anda pilih untuk kepentingan kredit ini, biasanya lembaga pembiayaan ini menetapkan rate bunga kredit mobil berkisar antara 6%, 7%, 8% untuk kredit selama 1 tahun, 2 tahun dan 3 tahun. Biasanya jangka waktu yang bisa dipilih yaitu antara 1-5 tahun, semakin lama jangka waktunya maka tarif bunga-nya pun akan semakin tinggi.
- Tarif Asuransi yang dipilih, untuk jangka waktu kredit 1 tahun, 2 tahun dan 3 tahun umumnya sebesar 7,5% - 8,5% - 9,5% dikalikan dengan harga kendaraan.
- Biaya Administrasi leasing/bank misalnya untuk kredit selama 1 tahun Rp 350.000, 2 tahun Rp 450.000 dan 3 tahun sebesar Rp 550.000,-
- Jangka waktu kredit/Tenor yang dipilih.
- Jumlah Uang Muka (DP).
Sekarang
mari kita lihat contoh soalnya :
Misalkan
Anda akan membeli sebuah mobil baru dengan harga Rp 200.000.000,- secara kredit
selama 3 tahun melaui salah satu leasing di kota Anda, lalu berapakah DP/Uang
Muka minimal yang harus disiapkan dan berapa jumlah angsuran setiap bulan yang
harus anda bayar?
Beginilah
cara perhitungan untuk menentukan besarnya DP, angsuran per bulan dan jumlah
total yang harus dibayar pertama kali termasuk asuransinya:
- Tarif DP/Uang Muka biasanya jumlah minimalnya ditentukan oleh pihak leasing, saat ini misalkan 20% dari harga mobil. (DP/UM = 20% x Harga Mobil Baru)
- Kemudian untuk menghitung Pokok Kredit (PK)-nya yaitu dengan cara mengurangi harga mobil dengan jumlah uang muka yang akan dibayar. (PK = Harga Mobil Baru - DP/UM)
- Lalu untuk menentukan jumlah bunga yang harus dibayar (JB) adalah dengan mengalikan Pokok Kredit terhadap tarif bunga (tb)-nya dimana tarif bunga tersebut terlebih dahulu dikalikan dengan jangka waktu (jw) kredit dalam tahun dibagi 100. (JB = PK x (tb x jw/100))
- Setelah mendapatkan jumlah bunga yang harus dibayar secara keseluruhan kemudian untuk mendapatkan jumlah Angsuran Per Bulan (APB)-nya yaitu dengan menambahkan Pokok Kredit (PK) dan Jumlah Bunga (JB) yang harus dibayar lalu dibagi dengan jangka waktu kredit (jw) yang dihitung dalam bulan. (APB = (PK + JB) / jw (bulan)
Jawaban
contoh soal diatas berarti seperti ini :
- DP/UM = 20% x Rp 200.000.000,- = Rp 40.000.000,-
- Pokok Kredit (PK) = Rp 200.000.000 - Rp 40.000.000 = Rp 160.000.000,-
- Jumlah Bunga yang harus dibayar = Rp 160.000.000 x (8x3)/100 = Rp 38.400.000,-
- Angsuran Per Bulan = (Rp 160.000.000 + Rp 38.400.000) / 36 bulan = Rp 5.511.200,-
- Biaya Asuransi = 9,5% x Rp 200.000.000 = Rp 19.000.000,-
- Biaya Administrasi = Rp 550.000,-
Jadi
total dana yang harus Anda siapkan untuk pembayaran pertama adalah meliputi
DP/UM + Angsuran Bulan Pertama + Biaya Asuransi + Biaya Administrasi
Leasing, yaitu sebesar Rp 40.000.000 + 5.511.200 + 19.000.000 +
550.000 = Rp 65.061.200,- Jika kredit
dilakukan melalui bank selain biaya administrasi mungkin akan ada tambahan
biaya provisi yang tarifnya ditentukan oleh pihak bank.
BAB
III
PENUTUP
Kesimpulan
Dalam
menentukan pilihan anda apakah transmisi matic atau manual, baiknya sesuaikan
dengan kebutuhan dan medan jalanan yang akan hadapi dalam mengemudi.
Pertimbangkan biaya yang akan anda keluarkan untuk perawatan apakah sebanding
dengan kenyamanan yang akan anda peroleh dari transmisi pilihan anda.
Saran
Semua
tergantung pengemudi di lihat dari faktor kemudahan mengemudi, kenyamanan,
kepraktisan mobil matic atau pun manual .
Sumber
:
http://www.rajaotomotif.com/2014/apa-saja-kelebihan-kekurangan-mobil-matic/1411
http://www.sakamautoservice.com/2015/06/pengertian-transmisi-mobil-manual-dan-cara-kerjanya.html?m=1
http://www.mobilkeren.net/2014/12/contoh-dan-cara-perhitungan-simulasi-kredit-mobil-yang-digunakan-leasing-dan-bank.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar